Senin, 08 Februari 2016

Tips Periksa Sistem Kelistrikan Mobil Anda

pada mobil bekas berangsur-angsur akan mengalami penurunan kinerja, hal ini disebabkan karena beberapa komponen sumber kelistrikan telah kehilangan umur hidupnya seperti aki, alternator, maupun kabel-kabel yang tidak sempurna lagi. Tanda-tanda mobil mengalami masalah kelistrikan adalah tidak stabilnya beberapa komponen saat dioperasionalkan, misalnya pada AC mobil memberikan semburan udara yang lebih kencang saat di gas, lampu utama yang berbeda terang antara saat pedal di gas diinjak dengan pedal gas dilepas, wiper yang lebih lemah saat mesin mobil berada pada putaran rendah.

Hal tersebut di atas adalah tanda bahwa mobil sedang mengalami permasalahan pada kelistrikan, artinya suplay listrik pada beberapa part mobil seperti lampu, wiper, ac, maupun lampu sinyal belok tidak sempurna. Jika mobil anda mengalami permasalahan kelistrikan paling tidak ada beberapa hal yang harus anda perbaiki atau anda periksa antara lain:
Aki Mobil

Aki mobil yang telah kehilangan masa pakainya atau karena sesuatu menyebabkan aki tidak lagi bisa bekerja sebagaimana mestinya, kondisi seperti ini akan menyebabkan kurangnya kemampuan menyuplai listrik pada komponen-komponen mobil yang membutuhkan listrik seperti lampu, wiper, ac, dan lain sebagainya yang mana akibatnya lampu tidak bisa menyala terang dan harus di gas besar untuk memberikan nyala yang terang. Aki mobil biasanya mempunyai umur hidup antara 2-4 tahun, jika melewati itu kayaknya aki harus diganti.
Untuk menjaga Aki tetap dalam kondisi baik maka jagalah listrik yang keluar maupun masuk ke Aki, listrik keluar yakni pada kabel-kabel dan listrik masuk dari alternator, selain itu jaga kualitas air aki jangan sampai kering karena akan merusak sel dalam aki. Aki mobil yang baik memiliki voltase antara 12-13 volt, untuk mengetahuinya gunakanlah voltmeter, dibawah 12 volt maka lampu akan meredup dan part lain juga kehilangan fungsi optimalnya.
Alternator
Alternator mobil berfungsi untuk menyuplai listrik ke dalam aki, mengisi kembali aki. Alternator yang kurang baik meyebabkan aki kekurangan suplai listrik, hal ini adalah salah satu penyebab yang membuat aki tekor dan harus di strum lagi. Cara melihat alternator dalam kondisi baik atau tidak sangat sederhana yakni, yang pertama dengan cara melihat indikator dengan lambang aki pada dashboard mobil yang mana jika indikatornya aki menyala berarti alternator kurang bekerja dengan baik/ terjadi masalah pada alternator, cara yang ke dua adalah dengan menempelkan lampu LED ke konektor lighter dan jika lampu LED berwarna merah berarti alternator kurang baik dan jika LED berwarna biru berarti alternator dalam kondisi baik.
Cara mengukur alternator yang akurat adalah dengan voltmeter, hidupkan mesin mobil lalu nyalakan seluruh part yang membutuhkan arus listrik seperti wiper, headlamp, foglamp, audio, ac, dan lain-lain, setelah semua menyala ukur voltase pada aki dan jika voltase menunjukkan 12,5 sampai 13 berarti alternator mobil dalam kondisi baik dan jika dibawah 12 berarti ada masalah pada alternator mobil.
 
 
 
sumber: mobilku.org/2013/02/tips-periksa-sistem-kelistrikan-mobil.html

0 komentar:

Posting Komentar