Anggapan yang keliru tentang balapan drag bike, balapan ini tidak semudah yang dibayangkan. Butuh jam terbang tinggi dan teknik yang mumpuni untuk dapat ‘ngacir’ kencang di jalanan.
Teknik yang paling krusial dan sulit adalah saat melakukan start. Menjaga keseimbangan dengan berat motor yang sangat ringan perlu keahlian, teknik dalam menaikkan gigi juga tidak sembarangan.
Balapan ini adalah tempatnya para pecinta motor cepat. Bahkan kecepatannya motor drag terbaik bisa mengalahkan top speed dari motor tercepat MotoGP.
Baru-baru ini motor drag tercepat yakni Dodge Tomahawk punya catatan waktu paling ‘ganas’ yakni mencapai 560 km/jam. F1 dan MotoGP disikiat abis kalau masalah adu cepat dengan drag bike.
Di Indonesia balapan ini cukup digandrungi dan banyak dari mereka yang terjun langsung untuk menjajal balapan drag bike. Banyak yang punya kesempatan untuk turun dalam kejuaraan resmi, tapi tidak sedikit pula yang memilih balap liar.
Tanpa harus membeli motor drag khusus, motor pribadi mereka bisa langsung dimodifikasi menjadi drag bike. Ketika sudah menjadi drag bike, motor itupun masih bisa digunakan sehari-hari, bahkan akan semakin keren jika dipakai jalan-jalan.
Banyak yang ingin merubah motor biasa menjadi drag bike. Tapi di antara mereka mayoritas tidak tahu bagaimana cara merubah motor standar menjadi motor drag.
Menurut teknisi drag bike handal Harri Novrian, motor drag bike Indonesia kebanyakan tipe minimalis dan tidak perlu secanggih di luar negeri.
”Kalo boleh dibilang, sepeda motor diubah seringan mungkin. Bagian yang tidak penting dibuang saja supaya nggak nambah beban dan membuat motor kamu berat,” ujar Harri.
Simpelnya, dalam merubah motor standar menjadi drag bike, ada beberapa langkah mendasar seperti di bawah ini.
1Mengganti Sasis Drag
Kalau versi impor dari Jepang, sasis drag bike bisa kisaran 10-25 juta rupiah. Tapi tak perlu khawatir, untuk sasis standar balap Indonesia hanya kisaran 2 jutaan saja.
2Kaki-kaki Drag Bike
Mengikutti ukuran ban diameter pelek juga harus diperkecil, karena itu berhubungan dengan mesin yang akan di-bore up.
”Hitungannya berbeda jika diameter ban nggak cocok. Semakin besar kapasitas, diameter ban diperkecil karena harus menggunakan perbandingan gigi yang tepat,” terang Harri.
3Modifikasi Mesin
Memperbesar langkah dan diameter piston (termasuk silinder) serta perbandingan transmisi juga penting. Perbandingan gigi akhir adalah faktor penting untuk meningkatkan performa motor.
4Menyesuaikan Gaya dan Tubuh Joki
Yang harus diperhatikan adalah pada pegangan tangan, tempat duduk atau jok, juga pijakan kaki, semua harus dirasa nyaman dan sesuai dengan gaya mengendara joki.
5Tampilan
6Biaya Modifikasi
Kalau ingin modifikasi drag bike paling murah baiknya pakai motor matik saja. Karena kamu tidak perlu repot mengganti gigi-gigi transmisi yang mahal. Cukup hanya memperbesar diameter silinder dan memperpanjang langkah.
Namun, semua kembali pada selera kamu, kalau ingin motor yang sangar maka motor sport menjadi idola. Tapi kalau ingin yang murah dan sederhana, motor matik bisa jadi pilihan terbaik.
sumber: http://www.tandapagar.com/drag-bike/
0 komentar:
Posting Komentar